Gebyar Diskon Pupuk Non-Subsidi, Karena Kurangnya Kuota Pupuk Subsidi di Karawang

2 minutes reading
Tuesday, 16 Jan 2024 10:48 0 132 Redaksi Alexa

Karawang, AlexaPodcast.ID – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Asep Hazar meminta Pupuk Indonesia memberikan potongan harga pupuk non-subsidi sepanjang 2024. Apalagi kuota pupuk subsidi di Karawang berkurang.

“Tentu kami berharap ada momen tertentu misalnya saat petani akan memasuki musim tanam, tidak hanya sekarang saja untuk diskon pupuknya,” kata Asep di sela gebyar diskon pupuk non subsidi PT Pupuk Kujang di Karawang, Senin (15/1/2024).

Asep menjelaskan, kuota pupuk subsidi di Karawang saat ini berkurang. Meski begitu, Asep meminta petani tidak perlu mengkhawatirkan stok pupuk. Sebab, Kementerian Pertanian akan memberi tambahan.

“Nanti bulan Februari akan ada tambahan pupuk. Bertahap nanti insya Allah jadi petani aman insya Allah,” tutur dia.

Menurut Ketua Kontak Tani Andalan (KTNA) Kecamatan Cibuaya, H. Ali Kamaludin, kekurangan pupuk bersubsidi karena jatah yang diberikan terhadap petani perhektar tidak sesuai dengan kebutuhan petani di saat musim tanam.

“Dan susahnya mendapatkan pupuk bersubsidi, Karena persyaratan yang di haruskan,” ujar H. Ali Kamaludin.

Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kujang, Yuni Setyaningrum mengatakan, Pemerintah tak hanya menyediakan pupuk bersubsidi kepada petani, tetapi juga menjamin ketersediaan pupuk nonsubsidi.

“Pemerintah membantu memeroleh pupuk dengan mudah guna mendukung program percepatan musim tanam pada awal tahun 2024,” kata Yuni

Dalam rangka menjaga ketersediaan pupuk, Pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN dan Kementerian Pertanian melalui Pupuk Indonesia menggelar program Gebyar Diskon Pupuk di berbagai kota atau kabupaten selama Januari sampai dengan Februari 2024.

“Selama musim tanam, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung petani agar bisa mendapatkan hasil yang optimal di musim panen nanti,” pungkasnya. (lan)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!