Empat Karyawan Meninggal Kecelakaan Kerja, Disnakertrans Karawang: PT MPS Belum Teregistrasi

1 minutes reading
Tuesday, 2 Jul 2024 12:12 0 134 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID – Kasus kecelakaan kerja terjadi di PT Multidaya Putra Sejahtera (MPS), pabrik pupuk yang terletak di Desa Karyasari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.

Dalam insiden yang terjadi, lima karyawan menjadi korban. Dari lima korban tersebut, empat orang meninggal dunia dan satu orang masih dirawat di rumah sakit.

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Karawang masih mendalami penyebab insiden ini.

Peninjauan langsung ke lokasi pabrik telah dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang.

Peninjauan dilakukan menyusul tewasnya empat pegawai yang diduga akibat keracunan menghirup bau menyengat saat mengolah pupuk cair di pabrik tersebut.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Karawang, Rosmalia Dewi, mengungkapkan bahwa timnya telah mengunjungi pabrik tersebut.

“Tim kami, Kabid HI Syaker sudah turun ke lokasi,” ujar Rosmalia. Selasa (2/7/2024)

Dugaan adanya pelanggaran Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berpotensi menjadi penyebab tewasnya empat pegawai.

“Untuk pengawasan ketenagakerjaan dan pembinaan K3, kewenangannya ada di Disnakertrans Provinsi, yang dilaksanakan oleh UPTD pengawas ketenagakerjaan,” jelas Rosmalia.

Selain itu, ditemukan pula bahwa pabrik tersebut belum teregistrasi wajib lapor sesuai Undang-Undang tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan.

“Perusahaan ini belum teregistrasi,” tambah Rosmalia. (Lan)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!