Dilema Pidana Pemilu: Samsudin KMD, Apakah Kasus Anggota PPK Akan Dilanjutkan ke Gakumdu?

2 minutes reading
Thursday, 7 Mar 2024 07:23 0 176 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID – Rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten yang dihelat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang di Hotel Akshaya, mulai dari tanggal 25 Pebruari 2024 hingga 4 Maret 2024, menimbulkan kekhawatiran serius.

Meskipun pleno di tingkat kecamatan dan kabupaten berlangsung dengan sedikit gejolak, tetapi beberapa permasalahan residu suara menciptakan situasi memanas.

Gejolak ini terjadi akibat adanya perbedaan nilai suara, yang tampaknya mengandung unsur pidana pemilu, baik disengaja maupun karena kelalaian.

Menyikapi hal ini, Samsudin KMD, Sekretaris Jenderal Gibas Cinta Damai Kabupaten Karawang, menyatakan, proses itu di Bawaslu melalui kajiannya, setelah selesai kajian dari Bawaslu, baru bisa diketahui kasusnya dilanjutkan atau diberhentikan.

“Bila mengandung unsur pidana pemilu, baru dimasukkan ke Gakumdu,” ungkap Samsudin. Kamis (7/3/2024).

Berdasarkan Undang-Undang Pemilu No 7 tahun 2017, terdapat ketentuan pidana baik akibat kelalaian (Pasal 505) maupun kesengajaan (Pasal 523 dan 551).

Jika tindakan tersebut dilakukan oleh penyelenggara pemilu seperti KPU atau Bawaslu beserta jajarannya, maka terdapat tambahan hukuman sebesar ⅓, sesuai dengan Pasal 554 UU No 7 tahun 2017.

Namun, Samsudin KMD juga menyoroti potensi pelanggaran hukum pemilu yang dilakukan oleh anggota Penyelenggara Pemungutan Suara (PPK) tingkat kecamatan.

Ia menegaskan, Hasil pengamatan saya dan informasi yang didapatkan, ada beberapa penyelenggara pemilu tingkat kecamatan yang melanggar hukum pemilu, diantaranya 2 Anggota PPK Kecamatan Pakisjaya, 1 Anggota PPK Kecamatan Lemahabang, dan 2 Anggota PPK Kecamatan Cikampek.

“Persoalan 5 anggota PPK harus diusut tuntas, karena tidak menutup kemungkinan ada oknum lain selain 5 anggota PPK tersebut,” tegasnya.

Samsudi menbahkan, Gibas Cinta Damai Kabupaten Karawang berharap pada Bawaslu yang diberi kewenangan luar biasa untuk bersikap tegas dalam menegakan keadilan pemilu sesuai dengan tagline nya Bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu. (lan)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!