Dietisien: Bagi Porsi Makan dengan Teratur Untuk Pencegahan Diabetes Melitus

2 minutes reading
Tuesday, 7 Nov 2023 06:10 0 74 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID — Dietisien Instalasi Pelayanan Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Sri Rejeki Wahyuningrum, SKM, RD, memberikan nasihat kepada masyarakat untuk membagi porsi makan dalam sehari sebagai upaya pencegahan diabetes melitus (DM).

Menurut Sri, pembagian porsi makan harus dilakukan secara teratur. Ia membagi porsi makan menjadi empat jenis, yakni:

Sarapan: 20-25 persen dari keseluruhan porsi makan dalam sehari.
Makan Siang: 30 persen.
Makan Malam: 25-30 persen.
Makan Selingan: 10-15 persen.

Untuk sarapan, Sri merekomendasikan konsumsi roti gandum dengan telur orak-arik atau telur ceplok, disertai dengan sayuran seperti tomat, timun, dan selada, serta jus melon.

Jika tidak memungkinkan untuk memasak telur, sumber protein lain dapat digunakan, seperti susu. Sri juga menyarankan memilih susu yang sesuai dengan kondisi berat badan, yaitu susu fullcream untuk yang berat badan ideal, dan susu rendah lemak untuk yang berat badannya sudah agak naik.

Pada pukul 10.00 dan 16.00, makanan selingan seperti kacang hijau, puding buah, jus buah, atau buah-buahan segar dapat dikonsumsi. Sri menekankan pentingnya menghindari makanan yang digoreng saat makan selingan.

Untuk makan siang, seseorang dapat memilih berbagai menu selama kebutuhan gizi terpenuhi dan dalam rentang 570-600 kalori. Menu makan siang bisa mencakup nasi, tahu, tempe, ayam goreng atau ayam panggang, pepes, dan lain sebagainya.

Penting untuk memilih menu yang tidak mengandung terlalu banyak lemak. Misalnya, jika memilih bakso atau mi ayam, pastikan untuk memperhatikan asupan serat yang cukup.

Hal yang sama berlaku untuk makan malam, dengan porsi yang disesuaikan sekitar 25-30 persen dari total porsi makan sehari.

Sri Rejeki Wahyuningrum menekankan bahwa pemilihan menu makanan yang tepat dapat membantu memastikan asupan gizi yang seimbang dan mengurangi risiko diabetes melitus. (JP)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!