Buntut Rusaknya Ranca Upas oleh Crosser, Perhutani Keluarkan Larangan ini

1 minutes reading
Monday, 20 Mar 2023 04:22 0 76 Redaksi Alexa

Bandung, AlexaPodcast.ID — Buntut rusaknya alam Ranca Upas, Kabupaten Bandung, terutama lahan tani bunga rawa akibat event motor trail, Perhutani kini mengeluarkan larangan segala bentuk kegiatan event offroad, baik roda dua maupun empat. Perhutani juga tak akan mengeluarkan izin untuk segala bentuk event tersebut.

Larangan itu berlaku di kawasan wana wisata yang berada di bawah manajemen Perhutani di Jawa Barat. Meski dalam batas waktu yang belum ditentukan, namun pelarangan itu berlaku sementara.

“Ya, berlaku sementara. Hal ini sebagai langkah percepatan pemulihan kembali lahan yang rusak,” ujar Direktur Komersial Perum Perhutani, Anggar Widyatmoko, Senin 20 Maret 2023.

Kebijakan tersebut dikeluarkan pascarusaknya alam Ranca Upas, Kabupaten Bandung, terutama lahan tani bunga rawa akibat event motor trail. Ketika itu lahan tani bunga rawa seluas 3 hektare porak poranda seusai dilindas para crosser.

“Kita akan melakukan evaluasi kegiatan-kegiatan di tempat wisata kita. Untuk sementara kita menyetop dulu kegiatan semacam offroad di tempat-tempat wisata kami,” lanjug Anggar Widyatmoko.

Anggar Widyatmoko menyatakan, pihak Perhutani berkomitmen akan mempercepat perbaikan area yang rusak dengan gerakan rehabilitasi. Yakni, kata dia, dengan menanam pohon bersama penggiat lingkungan dan masyarakat sekitar.

Sebelumnya, kebun bunga edelweiss rawa seluas tiga hektare di wana wisata Ranca Upas, Rancabali, Kabupaten Bandung rusak akibat dilintasi para crosser. (Jibay)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!