Begini Cara Mencegah Penularan Cacar Monyet

2 minutes reading
Thursday, 2 Nov 2023 07:43 0 106 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID — Cacar monyet, atau monkeypox, adalah penyakit menular yang pertama kali ditularkan dari hewan ke manusia melalui virus monkeypox. Di Indonesia, kasus cacar monyet telah dilaporkan, dan untuk mengendalikan peningkatan kasus, pencegahan penularan cacar monyet menjadi sangat penting.

Dalam sebuah talkshow yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Ni Luh Putu Pitawati, seorang dokter spesialis kulit dan kelamin (SPKK), menjelaskan bahwa penularan cacar monyet biasanya terjadi melalui kontak erat dengan virus.

Penularan dapat terjadi melalui kontak kulit ke kulit, dekat dengan pasien yang terkonfirmasi cacar monyet, atau dari wajah ke kulit pasien.

Pentingnya pencegahan dalam menghadapi cacar monyet disoroti oleh dr. Ni Luh Putu Pitawati. Salah satu cara utama untuk mencegah penularan adalah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Ini termasuk mencuci tangan secara teratur dan menjaga kebersihan tubuh dengan mandi yang bersih, terutama setelah berinteraksi dengan kerumunan orang.

Selain menjaga kebersihan tubuh, penggunaan masker di tempat umum yang sangat padat orang juga dianjurkan, terutama karena laporan penularan cacar atau penyakit menular lain melalui droplet.

Meningkatkan imunitas tubuh juga dapat membantu mencegah penyakit cacar monyet, serta penyakit menular lainnya. Ini dapat dicapai dengan menjaga asupan makanan yang baik dan menjaga pola tidur yang cukup.

Selain itu, dalam upaya pencegahan, perilaku seks aman sangat penting. Banyak kasus monkeypox ditemukan yang ditularkan melalui hubungan seksual.

Oleh karena itu, berperilaku seks aman dengan tidak berganti-ganti pasangan menjadi penting dalam mencegah penularan cacar monyet.

Dokter Ni Luh Putu Pitawati juga mengingatkan kepada pasien yang telah terkonfirmasi terinfeksi monkeypox untuk berperan aktif dalam mencegah penularan lebih lanjut.

Jika kondisi tubuh memungkinkan, pasien dapat melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan tenaga kesehatan atau puskesmas setempat.

Dengan begitu, upaya pencegahan bukan hanya menjadi tanggung jawab mereka yang belum terinfeksi, tetapi juga pasien positif monkeypox untuk mencegah penularan yang lebih luas. (JP)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!