Bawaslu Ingatkan Kepala Desa untuk Tetap Netral dalam Pemilu 2024

1 minutes reading
Friday, 28 Jul 2023 09:22 0 93 Redaksi Alexa

JAKARTA, AlexaPodcast.ID — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI telah mengingatkan agar Kepala Desa di seluruh Indonesia tetap menjaga netralitas dalam Pemilu 2024, terutama dalam pelaksanaan kampanye.

Pernyataan ini disampaikan oleh Anggota Bawaslu, Totok Hariyono, saat menghadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia di Jambi.

“Kepala Desa dilarang ikut sebagai pelaksana kampanye, harus netral sebagai kepala Desa,” tegas Totok Hariyono.

Lebih lanjut, Totok juga mengingatkan agar Kepala Desa tidak memberikan keputusan yang merugikan atau menguntungkan salah satu peserta pemilu dalam masa kampanye.

“Kepala desa juga dilarang memberikan keputusan yang berpihak, yang merugikan atau menguntungkan salah satu peserta pemilu dalam masa kampanye,” tambahnya.

Totok menyampaikan ajakan kepada seluruh Kepala Desa untuk turut membantu pengawas pemilu dalam mensosialisasikan peraturan kampanye kepada masyarakat.

“Kepala desa dan Pengawas pemilu harus saling mendukung dan melakukan sosialisasi, apa yang harus dan tidak harus dilakukan pada saat masa kampanye,” pungkasnya.

Dengan teguran ini, diharapkan Kepala Desa dapat menjalankan tugasnya dengan penuh integritas dan netralitas demi terciptanya pemilu yang adil, transparan, dan berintegritas.

Netralitas Kepala Desa menjadi kunci penting dalam menjaga proses demokrasi yang berkualitas dan mendukung partisipasi masyarakat dalam menentukan pilihan mereka. (pmj)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!