Awasi Kinerja Koperasi, Pemprov Jabar Luncurkan “Singakota’

1 minutes reading
Sunday, 30 Jul 2023 04:53 0 229 Redaksi Alexa

BANDUNG, AlexaPodcast.ID – Pemprov Jabar meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pengawasan Koperasi Digital (Singakota). Aplikasi hasil inovasi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Jabar ini berfungsi untuk mengawasi kinerja koperasi.

Aplikasi Singakota terintegrasi dengan Smart Jabar yang merupakan portal layanan administrasi pemerintahan menggunakan teknologi single-sign-on (SSO). Dengan hanya satu kali login, berbagai layanan di Pemprov Jabar dapat diakses dengan mudah.

Selain itu, Singakota juga sudah terintegrasi dengan Online Data System (ODS) Kementerian Koperasi dan UKM RI sehingga data koperasi terbarui secara real-time. Bahkan, aplikasi Singakota telah mendapat Hak Cipta Kekayaan Intelektual (Haki) dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Asisten Deputi Kelembagaan dan Tata Kelola Koperasi Kementerian Koperasi dan UKM, Suparyono menjelaskan, pemerintah pusat saat ini tengah mengupayakan transformasi koperasi melalui pengembangan koperasi modern.

“Salah satunya ditandai pergeseran koperasi mulai berinovasi sehingga daya saing terwujud integrasi usaha hulu hilir dengan pelibatan kemitraan para pihak,” kata Suparyono.

Melalui inovasi, kata Suparyono, pengelolaan koperasi akan lebih baik. Sedangkan kolaborasi menjadikan upaya lebih berdaya, sehingga modenisasi koperasi yang lebih kontibutif dan kompetitif dapat berjalan cepat.

Peluncuran aplikasi Singakota bertepatan dengan peringatan Hari Koperasi Nasional ke -76 tingkat Provinsi Jabar di kawasan Meikarta, Kabupaten Bekasi, Kamis (27/7/2023) lalu. (Siska Purnama Dewi)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!