7 Manfaat Makan Toge untuk Kesehatan

2 minutes reading
Tuesday, 20 Jun 2023 03:21 0 113 Redaksi Alexa

KARAWANG, AlexaPodcast.ID — Makan toge, atau tauge, memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan manusia. Tauge dikenal sebagai salah satu makanan sehat yang dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Namun, siapa sangka rutin mengonsumsi tauge dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan mengonsumsi toge:

  1. Sumber nutrisi: Toge mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk serat, vitamin C, vitamin K, vitamin E, asam folat, dan mineral seperti kalium, magnesium, dan fosfor. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  2. Serat makanan: Toge kaya akan serat makanan, terutama serat larut. Serat membantu memperlancar pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus. Konsumsi makanan tinggi serat juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.
  3. Antioksidan: Toge mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit kronis.
  4. Menyehatkan jantung: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi toge secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan serat, antioksidan, dan senyawa lain dalam toge dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner.
  5. Menurunkan risiko diabetes: Serat dalam toge membantu mengontrol kadar gula darah dengan mengurangi penyerapan gula dalam tubuh. Dengan mengonsumsi toge, Anda dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.
  6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Kandungan vitamin C dalam toge dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.
  7. Menyehatkan kulit: Vitamin C dan vitamin E dalam toge dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Antioksidan dalam toge juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi.

Namun, penting untuk diingat bahwa manfaat toge ini dapat bervariasi tergantung pada bagaimana toge dimasak atau disajikan. Mengonsumsinya secara mentah atau direbus dengan sedikit waktu memasak dapat membantu mempertahankan kandungan nutrisi yang lebih baik daripada proses memasak yang panjang. Selain itu, perhatikan juga kondisi kesehatan Anda sendiri dan konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau membutuhkan rekomendasi diet yang spesifik. (Ega Nugraha)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!