7 Cara Mengobati Sembelit atau Susah BAB

2 minutes reading
Tuesday, 30 May 2023 07:37 0 89 Redaksi Alexa

Karawang, AlexaPodcast.ID — Sembelit, atau konstipasi, adalah kondisi di mana Anda mengalami kesulitan buang air besar atau jarang buang air besar dengan feses yang keras dan sulit dikeluarkan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mengobati sembelit:

  1. Konsumsi makanan tinggi serat: Serat merupakan bagian penting dari diet yang dapat membantu melunakkan feses dan memperlancar proses pencernaan. Tambahkan makanan tinggi serat ke dalam diet harian Anda, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.
  2. Minum cukup air: Pastikan Anda mengonsumsi cukup cairan setiap hari, terutama air. Air membantu melunakkan tinja dan mencegah dehidrasi, yang dapat memperburuk sembelit.
  3. Rutin berolahraga: Aktivitas fisik dapat merangsang pergerakan usus dan membantu melancarkan pencernaan. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau senam untuk membantu mengatasi sembelit.
  4. Hindari menahan keinginan buang air besar: Jika Anda merasakan dorongan untuk buang air besar, jangan menahannya. Segera pergi ke toilet dan buang air besar dengan rileks.
  5. Ubah posisi duduk di toilet: Cobalah mengangkat kaki Anda dengan menggunakan bangku kecil saat duduk di toilet. Hal ini dapat membantu mengubah posisi usus dan mempermudah buang air besar.
  6. Hindari konsumsi makanan yang menyebabkan sembelit: Beberapa makanan dapat memperparah sembelit, seperti makanan tinggi lemak, makanan olahan, dan makanan berkarbonasi. Hindari makanan ini atau konsumsilah dalam jumlah yang terbatas.
  7. Gunakan obat pencahar: Jika langkah-langkah di atas tidak efektif, Anda dapat menggunakan obat pencahar sesuai petunjuk dokter. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan profesional kesehatan sebelum menggunakan obat pencahar secara rutin.

Jika sembelit berlanjut atau menjadi kronis, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan evaluasi lebih lanjut untuk menentukan penyebab sembelit dan memberikan pengobatan yang sesuai. (Ega Nugraha)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!