6 Penyakit yang Bisa Dideteksi dari Bau Badan

2 minutes reading
Friday, 19 May 2023 04:29 0 148 Redaksi Alexa

Karawang, AlexaNews.ID — Bau badan yang tidak sedap bisa menjadi gejala beberapa kondisi kesehatan. Beberapa penyakit yang dapat terkait dengan bau badan yang tidak menyenangkan antara lain:

  1. Trimethylaminuria: Juga dikenal sebagai sindrom bau ikan. Ini adalah kondisi yang menyebabkan tubuh tidak dapat memetabolisme trimetilamin, yang menghasilkan bau yang kuat dan tidak sedap yang mirip dengan bau ikan busuk.
  2. Gangguan hati: Fungsi hati yang terganggu dapat menyebabkan penumpukan zat beracun dalam tubuh, yang dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap.
  3. Diabetes: Ketika kadar gula darah tidak terkendali pada penderita diabetes, dapat menghasilkan aroma manis atau busuk pada napas dan kulit.
  4. Penyakit ginjal: Penderita penyakit ginjal seringkali memiliki masalah dengan fungsi ekskresi, yang dapat mengakibatkan penumpukan bahan kimia dalam tubuh yang menghasilkan bau tidak sedap.
  5. Gangguan metabolisme protein: Beberapa gangguan yang mempengaruhi pemecahan protein dalam tubuh dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap.
  6. Gangguan tiroid: Kondisi seperti hipertiroidisme (kelenjar tiroid yang terlalu aktif) atau hipotiroidisme (kelenjar tiroid yang kurang aktif) dapat menyebabkan perubahan bau tubuh.

Penting untuk diingat bahwa bau badan yang tidak sedap tidak selalu menunjukkan adanya penyakit. Faktor lain seperti makanan yang dikonsumsi, kebersihan pribadi, serta faktor genetik juga dapat memengaruhi bau badan seseorang. Jika Anda mengalami perubahan yang mencolok dalam bau badan Anda atau memiliki kekhawatiran tentang kesehatan Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional medis untuk evaluasi lebih lanjut. (Ega Nugraha)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!