6 Bahaya Telat Makan untuk Kesehatan

2 minutes reading
Wednesday, 24 May 2023 04:46 0 113 Redaksi Alexa

Karawang, AlexaNews.ID — Tanpa disadari, banyak orang saat ini sering mengalami keterlambatan dalam makan karena jadwal yang padat. Namun, kebiasaan ini sebenarnya dapat mengganggu fungsi organ tubuh.

Dr. Virly Nanda Muzelina, seorang Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Eka Hospital BSD, menjelaskan bahwa banyak orang menganggap telat makan sebagai sesuatu yang biasa, padahal hal ini dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental.

“Telat makan secara teratur dapat mengakibatkan penurunan kebutuhan energi yang diperoleh oleh tubuh Anda, yang pada akhirnya dapat berdampak negatif pada kesehatan secara keseluruhan. Bahkan, ini dapat memicu timbulnya penyakit serius,” ungkap Dr. Virly dalam pernyataannya yang dikutip pada Rabu (24/5/2023).

Berikut adalah beberapa bahaya atau efek negatif yang dapat terjadi ketika Anda telat makan:

  1. Penurunan energi: Makan secara teratur membantu menjaga tingkat energi tubuh Anda. Jika Anda telat makan, tubuh tidak mendapatkan pasokan energi yang cukup, yang dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, dan penurunan konsentrasi.
  2. Hipoglikemia: Jika Anda melewatkan makanan dalam jangka waktu yang lama, kadar gula darah Anda dapat turun. Ini dapat menyebabkan gejala seperti pusing, lemas, kebingungan, dan sulit berkonsentrasi. Pada kasus yang parah, hipoglikemia dapat menyebabkan pingsan atau kehilangan kesadaran.
  3. Penurunan metabolisme: Melewatkan makanan dalam jangka waktu yang lama dapat memperlambat metabolisme tubuh Anda. Ini adalah mekanisme perlindungan tubuh untuk menghemat energi saat pasokan makanan terbatas. Namun, penurunan metabolisme dapat membuat lebih sulit untuk mempertahankan berat badan yang sehat.
  4. Penurunan fungsi kognitif: Otak membutuhkan energi yang cukup untuk berfungsi dengan baik. Telat makan dapat mengganggu pasokan glukosa ke otak, yang dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif, seperti kesulitan memori, masalah konsentrasi, dan penurunan performa mental.
  5. Gangguan pencernaan: Makan secara teratur membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Jika Anda melewatkan makan, dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti mulas, kembung, sembelit, atau diare.
  6. Gangguan pola makan: Telat makan secara teratur dapat mempengaruhi pola makan Anda secara keseluruhan. Anda mungkin cenderung makan berlebihan saat Anda akhirnya makan, atau Anda mungkin mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan bergizi rendah karena kelaparan yang mendesak.

Penting untuk menjaga pola makan yang teratur dan seimbang guna menjaga kesehatan secara keseluruhan. Jika Anda memiliki kebiasaan telat makan, penting untuk mencoba mengatur jadwal makan yang teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. (Ega Nugraha)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!