5 Gadis di Bawah Umur Dijadikan PSK di Gang Royal, Begini Ceritanya

2 minutes reading
Saturday, 18 Mar 2023 11:55 0 304 Redaksi Alexa

Jakarta, AlexaPodcast.ID — Lima anak di bawah umur dijadikan pekerja seks komersial (PSK) di Gang Royal, Jakarta Utara. Kasus ini terungkap setelah polisi menggerebek sebuah tempat kost di wilayah Tambora, Jakarta Barat. Saat digerebek, ternyata ada puluhan PSK di kosan tersebut, lima diantaranya perempuan belia (anak di bawah umur). Terungkap pula, mereka hanyut menjadi PSK karena dimodusin sebuah pekerjaan dengan gaji besar.

“Tempat tersebut merupakan penampungan PSK. Saat digerebek, ada 39 PSK di sana, 5 diantaranya anak di bawah umur,” ujar Kapolsek Tambora Kompol Putra Pratama kepada wartawan, Sabtu 18 Maret 2023.

Dari pemeriksaan terungkap, para PSK itu beroperasi di Gang Royal, Jalan Rawa Bebek Selatan Rw 013 Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. “Mereka sudah 7 bulan beroperasi di sana,” lanjut Kapolsek.

Dikatakan Kapolsek, dari penyelidikan polisi, ada pengawasan ketat yang dilakukan di indekos penampungan PSK Gang Royal. Polisi menemukan keterlibatan tiga orang yang bertugas sebagai penjaga atau bodyguard.

“Para korban (PSK) yang ketahuan kabur dari indekos itu akan dikenakan denda jutaan rupiah. Mereka dilarang keluar dari mess tanpa izin. Jika ketahuan keluar mess dan tertangkap maka wanita PSK akan dikenakan denda senilai Rp 1 hingga Rp 1,5 juta,” jelas Kapolsek.

Pada saat sedang kerja di lokasi prostitusi di Gang Royal, para PSK juga tidak boleh keluar kafe. Apabila keluar wajib didampingi oleh pengawal/bodyguard yang bernama HA (25), SR als KOPRAL (35) dan MR (25).

Dijelaskan Kapolsek, para PSK dikenakan tarif Rp 350 ribu saat menjajakan layanan seksualnya. Uang itu lalu dibagi Rp 310 ribu milik muncikari dan Rp 40 ribu menjadi milik PSK.

“Dalam kasus ini 5 orang kini telah ditetapkan tersangka. Mereka adalah berinisial IC (35), HA (25), SR (35), MR (25), dan HS. Polisi menyebut satu orang tersangka saat ini masih berstatus buron.

“Pelaku HS masih DPO. Peran muncikari, suami dari tersangka IC,” ucap Kapolsek.

Putra mengatakan dari kelima tersangka ini terbagi menjadi dua peran. Tersangka IC dan suaminya inisial HS berperan sebagai muncikari, sementara tiga tersangka lainnya berperan sebagai pengawal atau bodyguard yang berjaga di sekitar indekos penampungan para PSK.

Empat tersangka yang telah ditangkap kini telah ditahan di Polsek Tambora. Tersangka dijerat dengan Pasal 2 (1) UU RI Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang serta Pasal 76 UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak. Kelima tersangka ini terancam hukuman maksimal 10 tahun penjara. (Jibay)

Share Link :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA
error: Content is protected !!